Analisis Tingkat Kerusakan Perkerasan Lentur dan Pemecahannya pada Ruas Jalan Kutoarjo-Butuh
Abstract
Penelitian ini mencari solusi untuk perawatan dan perbaikan pada ruas jalan
Kutoarjo-Butuh yang dilihat secara visual terdapat kerusakan lubang, keriting,
bleding, retak, dan amblas.
Penelitian dilakukan di lapangan dengan mengambil sampel perkerasan
menggunakan core drill, nilai LHR 1 minggu, CBR lapangan dengan DCP,
pemeriksaan tingkat kerusakan jalan dengan Road Test Perseni Serviceability Indeks
AASHTO 1962. Penelitian di laboratorium dengan pemeriksaan ekstrasi beton aspal,
analisis saringan, kepadatan beton aspal, penetrasi, dan titik lembek aspal.
Analisis data dan pembahasan didapat nilai PSh 2,3224 tingkat kerusakan
sedang, CBR lapangan 15,7, kadar aspal tinggi 7,4483 %, kepadatan beton aspal
2,35448, penestrasi rendah 12,3 termasukjenis aspal kurang pekaterhadap perubahan
suhu tetapi baik ikatannya terhadap agregat. Kerusakan terutama pada tempat
pemberhentian seperti pasar, pengisian bahan bakar, dan peristirahatan, karena
terdapat kendaraan dengan tonase besar. Kadar aspal tinggi juga menyebabkan
bleding dan jembul.
Maka ruas jalan Kutoarjo-Butuh membutuhkan perawatan dan perbaikan
dengan overlay. Perencanaan overlay menggunakan Metode Analisa Komponen 1987,
untuk masa layan 2005-2010 didapat tebal overlay 11 cm, dikerjakan dalam 2 tahap
pekerjaan yaitu 8 cm ATB dan 3 cm HRS. Untuk masa layan 2010-2015 didapat tebal
overlay 6 cm, dikerjakan dalam 2 tahap pekerjaan masing-masing HRS 3 cm.
Collections
- Civil Engineering [4220]