Kajian tentang Penerimaan Mahasiswa terhadap Layanan E-Learning Klasiber
Abstract
Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan pembelajaran berbasis
teknologi informasi yang sangat pesat, tercipta sebuah sistem pembelajaran baru yang
disebut dengan sistem belajar elektronik berbasis web yang biasa disebut e-Learning.
Penelitian ini akan mengkaji tentang perilaku penerimaan mahasiswa Universitas
Islam Indonesia (UII) terhadap penggunaan e-learning Klasiber berdasarkan faktorfaktor
yang mempengaruhinya dengan pendekatan flow theory, service quality dan
Technology Acceptance Model. Penelitian ini terdiri atas empat variabel bebas
(karakteristik dosen, materi pembelajaran, desain isi e-learrning, playfulness), dua
variabel kepercayaan (persepsi atas kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan),
dan satu variabel tergantung (intensi penggunaan e-learning). 195 kuesioner
dibagikan kepada mahasiswa UII sebagai data primer dan uji statistik dilakukan
dengan SPSS 15.0. Hasil analisis menunjukkan hubungan positif antara variabelvariabel
yang diteliti. Karakteristik dosen, materi pembelajaran, desain isi e-learning
dan persepsi kemudahan penggunaan terbukti berpengaruh positif terhadap persepsi
atas kemanfaatan. Persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan tebukti
berpengaruh terhadap intensi penggunaan e-learning. Dan yang terakhir adalah bahwa
playfulness terbukti berpengaruh positif terhadap intensi penggunaan e-learning.
Collections
- Informatics Engineering [2148]