PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK KELAS XI MA SUNAN PANDANARAN PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan STAD
(Students Team Achievment Division) terhadap prestasi belajar peserta didik, (2)
Perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted
Individualization) dan STAD (Students Team Achievment Division) terhadap
kemampuan kerja sama peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh
peserta didik Kelas XI MA Sunan Pandanaran Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel
diambil menggunakan teknik Purposive sampling yaitu menggunakan dua kelas.
Pengambilan data menggunakan teknik tes untuk mengetahui data prestasi belajar
dan teknik non tes untuk mengetahui kemampuan kerja sama peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang
signifikan pada model pembelajaran TAI dengan STAD terhadap materi Larutan
Penyangga, (2) Tidak Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan
kerja sama peserta didik yang didik yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe TAI dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Collections
- International Relations [533]