“ PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK KECANTIKAN NATURE REPUBLIC TERHADAP MINAT BELI KOMUNITAS PENGGEMAR / FANDOM ”
Abstract
Nature Republic adalah suatu brand ternama yang berasal dari Korea Selatan dan
bergerak dibidang kecantikan. Produk Nature Republic terkenal akan kualitas produknya
juga serta endorsernya yaitu EXO. EXO adalah boygroup yang dikenal akan
kepopulerannya di Korea Selatan dan mampu untuk menarik massa dan mempengaruhi
konsumen dalam minat beli produk Nature Republic khususnya komunitas
penggemar/fandom mereka yang juga dikenal dengan sebutan EXO-L. Hadirnya Nature
Republic di Indonesia menimbulkan fenomena unik yaitu beberapa orang membeli produk
hanya karena ada sang idola didalamnya sebagai endorser dan sebagian orang pula
membeli produk berdasarkan kualitas yang dihasilkan. Berdasarkan hal tersebut dalam
penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan pengaruh yang ditimbulkan dari
celebrity endorser dan kualitas produk Nature Republic terhadap minat beli komunitas
penggemar/fandom.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif
survey dengan jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden.
Eksplanatif survey adalah suatu metode penelitian yang menggambarkan dua variabel yang
diteliti, yaitu variabel bebas dan variabel terikat yang kemudian menjelaskan hubungan
atau pengaruh kedua variabel tersebut. Metode analisis data penelitian ini menggunakan uji
validitas, uji reabilitas, Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji t serta uji f.
Hasil uji yang dilakukan dapat menguji teori yang digunakan untuk menjelaskan bahwa
celebrity endorser dan kualitas produk Nature Republic dapat memengaruhi adanya minat
beli oleh komunitas penggemar,fandom. Penelitian ini menggunakan 3 konsep teori yaitu
celebrity endorser, kualitas produk dan minat beli serta satu teori menurut Kotler dan Keller
yaitu teori AIDA yang terdiri dari Attention, Interest, Desire, and Action.
Melalui pengujian hipotesis didapatkan hasil bahwa ketiga hasil penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
variabel independen celebrity endorser dan kualitas produk Nature Republic berpengaruh
secara stimultan maupun parsial dengan nilai positif dan signifikan terhadap minat beli
komunitas penggemar/fandom. Hasil olahan data secara stimultan menunjukkan sebesar
30.858 dengan nilai probabilitas 0.000 ( 0.000 < 0.05 ) dan besarnya pengaruh sebesar
38,9%. Kemudian secara parsial dapat dilihat besarnya pengaruh celebrity endorser
terhadap minat beli komunitas penggemar sebesar 18,2% dan sebesar 2.511 dengan nilai
probabilitas 0.000 ( 0.000 < 0.05 ). Kemudian hasil dari pengaruh kualitas produk Nature
Republic sebesar 5.723 dengan nilai probabilitas 0.000 ( 0.000 < 0.05 ) dan besarnya
pengaruh sebanyak 34,9%.
Collections
- Communication [943]