PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN CUSTOMER VALUE (Studi Kasus CV Rumah Mesin Yogyakarta)
Abstract
Penentuan strategi pemasaran merupakan hal yang krusial dalam proses menjalankan
perusahaan. Konsep customer value menjadi semakin digunakan dalam strategi dan literatur
pemasaran di beberapa tahun terakhir. Memahami kebutuhan dan keinginan customer
merupakan hal penting dalam merancang strategi pasar yang efektif. Pembuat strategi harus
mempertimbangkan kompleksitas faktor pada saat mengevaluasi dan memilih strategi
pemasaran. CV Rumah Mesin merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang
penyediaan dan pembuatan aneka jenis mesin. CV Rumah Mesin mengalami kesulitan dalam
menjaga konsistensi penjualan yang berdampak pada omset penjualan. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat kinerja dan harapan konsumen terhadap produk dan
pelayanan di CV Rumah Mesin serta menyusun strategi pemasaran yang tepat berdasarkan
hasil identifikasi kinerja dan harapan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Modified Servqual dan AHP. Dari hasil analisis dan pembahasan penelitian yang
telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat beberapa faktor yang harus
ditingkatkan oleh perusahaan seperti pemberian garansi produk mesin, keamanan produk
mesin, keamanan pengiriman produk, ketersediaan produk mesin yang bervariasi, serta
perusahaan tidak akan pernah sibuk (mengabaikan) respon dari konsumen. Berdasarkan hasil
segmentasi, target pasar yang tepat dipilih perusahaan adalah segmen 1 dan segmen 7.
Pemilihan segmen pasar ini dikarenakan customer value yang ada sesuai dengan keinginan
dan kemampuan perusahaan. Customer value tersebut adalah produk "Rumah Mesin"
memberikan kenyamanan dalam pemakaian, produk "Rumah Mesin" mudah untuk
dioperasikan, serta perusahaan memiliki karyawan yang perhatian dalam menanggapi
permintaan dan keluhan dari konsumen.