PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 25 PURWOREJO
Abstract
Untuk membentuk manusia yang agamis dan mempunyai nilai-nilai religius dalam
dirinya diperlukan pendidikan yang terarah. Sebuah lembaga pendidikan
hendaknya mengenalkan dan menanamkan tauhid atau akidah kepada peserta didik
sebagai pondasi awal sebelum peserta didik mengenal banyaknya disiplin ilmu
lainnya. Dengan begitu para guru umunya dan guru pendidikan agama Islam
khususnya untuk berupaya menciptakan budaya religius dan meningkatkan potensi
religius guna membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia yang beriman,
bertaqwa dan berakhlak. Maka perlu dikaji bagaimana proses penerapan pendidikan
agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan sekolah SMP
Negeri 25 Purworejo serta pembelajaran yang dilakukan guru pendidikan agama
Islam dalam membangun nilai-nilai religius. Jenis metode yang digunakan yaitu
penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber
data yang digunakan dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan agama Islam dalam
membangun nilai-nilai religius di lingkungan SMP Negeri 25 Purworejo dilakukan
dengan baik dan efektif dengan diterapkannya kegiatan keseharian seperti
membiasakan mengucapkan salam, berjabat tangan, kemudian keteladan dan
kedisiplinan yang diberikan oleh semua warga sekolah dan lain sebagainya. Adapun
pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius
peserta didik dilakukan dengan cara sistematik dengan menggunakan kurikulum
2013 dan sesuai dengan unsur-unsur pembelajaran.
Collections
- Islamic Education [862]