Show simple item record

dc.contributor.advisorPrima Juanita Romadhona, S.T., M.Sc.
dc.contributor.authorYOGA MUKHLIS SYAH, 14511139
dc.date.accessioned2020-02-07T07:51:57Z
dc.date.available2020-02-07T07:51:57Z
dc.date.issued2019-12-09
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/18025
dc.description.abstractAmbarukmo Plaza merupakan pusat perbelanjaan di Kota Yogyakarta yang cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat. Semenjak adanya Ambarukmo Plaza, pusat perbelanjaan ini memiliki pengaruh terhadap kinerja ruas jalan. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan jumlah kendaraan yang masuk dan keluar area parkir Ambarukmo Plaza dapat diketahui, kinerja ruas jalan saat adanya Ambarukmo Plaza dan saat tidak adanya Ambarukmo Plaza dapat diketahui, serta perbandingan antara kinerja ruas jalan saat kondisi existing dan alternatif dapat diketahui. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kinerja ruas Jalan Laksda Adisucipto saat adanya Ambarukmo Plaza dan saat tidak adanya Ambarukmo Plaza pada ruas jalan sebelum Ambarukmo Plaza (segmen V1) dan setelah Ambarukmo Plaza (segmen V2). Analisis dilakukan pada saat jam puncak volume lalu lintas dengan perhitungan kinerja ruas jalan menggunakan PKJI 2014 dan pemodelan software VISSIM. Penentuan kinerja ruas jalan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 Tahun 2015. Kondisi alternatif dilakukan dengan menambahkan lajur kendaraan masuk B4 agar mengurangi terjadi konflik lalu lintas. Data yang digunakan adalah geometri jalan, volume kendaraan parkir, volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan perilaku pengendara. Hasil penelitian didapatkan volume kendaraan parkir masuk adalah 480,15 skr/jam dan kendaraan parkir keluar adalah 491,65 skr/jam. Perbandingan kecepatan kendaraan Software VISSIM saat adanya Ambarukmo Plaza dan saat tidak adanya Ambarukmo Plaza pada segmen V1 terjadi penurunan kecepatan sebesar 17,87%, dan segmen V2 terjadi penurunan kecepatan sebesar 1,53%. Perbandingan kecepatan kendaraan Software VISSIM untuk kondisi existing dan alternatif pada segmen V1 terjadi peningkatan kecepatan sebesar 5,63%, dan segmen V2 terjadi peningkatan kecepatan sebesar 1,19%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSoftware Vissimen_US
dc.subjectPKJI 2014en_US
dc.subjectAmbarukmo Plazaen_US
dc.titlePENGARUH AMBARUKMO PLAZA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN LAKSDA ADISUCIPTOen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record