PENGARUH PERSEPSI EKUITAS MEREK, PERSEPSI NILAI KONTRIBUSI, DAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT ASURANSI TAKAFUL KELUARGA YOGYAKARTA INFLUENCE OF BRAND EQUITY PERCEPTION, CONTRIBUTION VALUE PERCEPTION, AND SERVICE QUALITY PERCEPTION ON CUSTOMER SATISFACTION BY PT ASURANSI TAKAFUL KELUARGA YOGYAKARTA
Abstract
Melihat pasar potensial dari industri asuransi yang besar, maka banyak perusahaan asuransi bermunculan di Indonesia yang berlomba-lomba menarik banyak nasabah yang menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam industri asuransi. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan dan menjaga tingkat kepuasan nasabah. Pengukuran kepuasan pelanggan mutlak diperlukan agar perusahaan tidak membuang uang percuma untuk menentukan prioritas utama perbaikan kualitas produk atau pelayanan yang diharapkan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Ekuitas Merek, Persepsi Nilai Kontribusi, Dan Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Asuransi Pendidikan PT Asuransi Takaful Keluarga Yogyakarta. Responden pada penelitian ini adalah nasabah asuransi pendidikan PT Asuransi Takaful keluarga yang berjumlah 50 orang. Analisis data menggunakan mode regresi linear berganda SPSS 21 diperoleh R2 (Koefisien Determinasi) sebesar 0,890, artinya variabel Kepuasan Nasabah PT. Asuransi Syariah Takaful Keluarga Yogyakarta dapat dijelaskan oleh Persepsi Ekuitas Merek, Persepsi Nilai Kontribusi, dan Pesepsi Kualitas Pelayanan secara serentak sebesar 89,0%, sedangkan sisanya sebesar 21,0% dijelaskan oleh variabel lain di luar model, misalnya; kredibilitas, reputasi, jaminan dan lain-lain. Hasil penelitian adalah variabel Persepsi Ekuitas Merek memiliki nilai sig. 0,029 yang berarti berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah. Persepsi Nilai Kontribusi memiliki nilai sig. 0,002 yang berarti berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah. Pesepsi Kualitas Pelayanan memiliki nilai sig. 0,024 yang berarti berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah. Hasil uji F atau uji Bersama-sama adalah nominal nilai F sebesar 124,529 dengan nilai sig. 0,000 yang berarti semua variabel berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah.
Collections
- Islamic Economics [826]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
FAKTOR DETERMINAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
Aninda Ristyorini, 14312047 (Universitas Islam Indonesia, 2018-06-08)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran wajib pajak, persepsi sanksi perpajakan, persepsi pendapatan wajib pajak, persepsi pemahaman dan pengetahuan tentang peraturan perpajakan, ... -
PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE DENGAN MEDIATOR SIKAP BELANJA MENGGUNAKAN THEORY ACCEPTANCE MODEL
Wahidatunnisa, Erina (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Pandemi Covid-19 telah mendorong aktivitas berbelanja online di Indonesia lebih aktif. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kontak fisik saat membeli produk dan mengurangi mobilitas kegiatan di luar. Penelitian ini bertujuan ... -
PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PADA GENERASI MILLENIAL DI YOGYAKARTA
Juliawan, Anita Sarah (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Persepsi Sikap, Persepsi Norma Subjektif, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, dan Persepsi Kesesuaian terhadap minat penggunaan financial technology pada mahasiswa Fakultas ...