FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA EKONOMI ISLAM MENGGUNAKAN APLIKASI OVO Factors In Affecting The Islamic Economic Students’ Interest Using OVO Applications
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya peningkatan di kalangan mahasiswa terhadap minat menggunakan aplikasi OVO, yang merupakan salah satu sistem pembayaran non tunai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel persepsi kemudahan penggunaan, persepsi keamanan teknologi, kepercayaan, nilai harga dan halal awareness berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat mahasiswa ekonomi islam menggunakan aplikasi OVO. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Subjek penelitian adalah mahasiswa ekonomi islam angkatan 2015-2018 jumlah sampel 86 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel persepsi kemudahan penggunaan, persepsi keamanan teknologi, kepercayaan, nilai harga, dan halal awareness berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa ekonomi islam menggunakan aplikasi OVO. Sedangkan, secara parsial variabel persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, halal awareness tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa ekonomi islam menggunakan aplikasi OVO karena nilai signifikansi lebih dari 5%.
Collections
- Islamic Economics [826]