ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PENGHIMPUNAN DANA PADA BANK SYARIAH (STUDI KASUS DI BANK MUAMALAT KCP KUPANG NTT) Analysis Of Marketing Strategies Of Islamic Bank Fundraising Products (Case Study At Muamalat Bank Central Branch Office Kupang NTT)
Abstract
Bank Muamalat sebagai Bank Syariah pertama di NTT khususnya kota Kupang sudah beroperasi sejak tahun 2006, dan mengalami pertumbuhan hingga tahun 2013. Namun sejak 2013-2017, grafik tersebut Mengalami penurunan dari berbagai sektor diakibatkan oleh banyak nasabah yang menarik dananya kembali. Hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan aset dilembaga tersebut,karena pertumbuhan aset pebankan sangat ditentukan oleh besarnya dana yang dihimpun dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran pada produk penghimpunan dana yang paling tepat sehingga mampu memenangkan persaingan dengan menggunakan Analisis SWOT. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dari hasil Analisis SWOT diagram cartesius menunjukan bahwa, Bank Muamalat KCP Kupang NTT berada pada situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan menggunakan strategi mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Strategi ini dipilih karena hasil perhitungan berada pada kuadran l (satu) dimana total weighted score kekuatan-kelemahan sebesar 3,32 sedangkan total weighted score peluang-ancaman sebesar 2,49. Posisi pada kuadran ini sangat menguntungkan dan dapat dipasarkan secara maksimal dengan menerapkan kebijakan bauran pemasaran seperti kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan tempat dan kebijakan promosi yang mendukung pertumbuhan yang agresif dari produk penghimpunan dana pada BMI KCP Kupang NTT.
Collections
- Islamic Economics [826]