EMPATI DAN CYBERBULLYING PADA MAHASISWA PENGGUNA INSTAGRAM AKTIF DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara empati dan cyberbullying pada 200 mahasiswa (laki – laki dan perempuan, usia 18-25thn) pengguna instagram aktif di Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang negatif empati dan cyberbullying pada mahasiswa pengguna instagram aktif di Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini berjumlah 200 orang mahasiswa, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, berusia 18-25 tahun, yang aktif menggunakan instagram selama 3 bulan terakhir ini di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yaitu skala empati yang dikembangkan oleh Davis (1998) dan skala cyberbullying yang dikembangkan oleh Kowalski (2012). Hasil analisis data dengan teknik korelasi dari Pearson menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara empati dan Cyberbullying pada mahasiswa pengguna Instagram aktif di Yogyakarta (r = -0,061 (p<0,05)). Dengan demikian, hipotesis ditolak.
Collections
- Psychology [2186]