PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI pada periode 2013 – 2017)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage, kebijakan dividen dan struktur kepemilikan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variable intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013 – 2017. Jenis data yang dikumpulkan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan, laporan keuangan dan website perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan metode purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 66 perusahaan. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi jalur serta alat statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah SmartPLS dan Calculation for the Sobel Test yaitu untuk menguji adanya hubungan tidak langsung antara variable independen dengan variable dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, struktur kepemilikan dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel leverage dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Selain itu, pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh ukuran perusahaan, leverage, kebijakan dividen dan struktur kepemilikan terhadap nilai perusahaan.
Collections
- Akuntansi [4399]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...