PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN, KEAMANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN SISTEM TERHADAP KEPUTUSAN BERDONASI SECARA ONLINE PADA PLATFORM CROWDFUNDING (Studi Kasus pada Donatur Kitabisa.com Di Kota Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan berdonasi pada platform crowdfunding Kitabisa.com. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner 214 responden yang merupakan donatur Kitabisa.com di Kota Yogyakarta. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Statistikal Package for the Social Sciens (SPSS) IBM Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel reputasi perusahaan, keamanan, dan kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berdonasi secara online pada Kitabisa.com sedangkan variabel kemudahan penggunaan sistem tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berdonasi secara online pada Kitabisa.com. Kitabisa.com perlu mempertimbangkan reputasi perusahaan, keamanan, kepercayaan yang merupakan faktor-faktor pengaruh keputusan berdonasi secara online pada platform Kitabisa.com. Sehingga keputusan berdonasi menggunakan Kitabisa.com meningkat.
Collections
- Akuntansi [4399]