FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE PAYMENT DALAM BERTRANSAKSI
Abstract
Kemajuan teknologi dalam dunia komunikasi nirkabel telah meningkatkan
jumlah pengguna perangkat mobile, hal ini juga telah mempercepat pertumbuhan
mobile payment. Mobile payment merupakan sistem pembayaran untuk
pemabayaran barang, jasa dan tagihan dengan menggunakan perangkat mobile yang
tersambung dengan jaringan nirkabel sehingga dapat melakukan proses transaksi.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti minat mahasiswa menggunakan layanan
mobile payment dengan menggunakan teori gabungan TAM dan TPB. Pengujian
hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model struktural (Inner Model) dengan
aplikasi smartPLS 3.0. Data penelitian diperoleh dari hasil pengumpulan kuesioner
dari 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan
persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap sikap
penggunaan. Selain itu, sikap penggunaan dan kontrol perilaku berpengaruh positif
signifikan terhadap minat menggunakan layanan mobile payment. Sedangkan
norma subjektif penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat
menggunakan layanan mobile payment.
Collections
- Akuntansi [4399]