Show simple item record

dc.contributor.authorNadya Khairany, Kamila
dc.contributor.authorHariyanti, Puji
dc.date.accessioned2020-01-23T05:43:18Z
dc.date.available2020-01-23T05:43:18Z
dc.date.issued2019-10-24
dc.identifier.isbn978-602-6215-79-6
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/17379
dc.description.abstractPenelitian ini membahas mengenai bagaimana pola komunikasi yang terbentuk dari kegiatan belajar mengajar Anak Berkebutuhan Khusus sebagai salah satu kegiatan yang diadakan oleh Komunitas Suara Hati Yogyakarta. Komunitas Suara Hati Yogyakarta merupakan sebuah komunitas yang berfokus pada anakanak dan difabel. Dimana saat ini tidak banyak yang peduli terhadap anak berkebutuhan khusus baik untuk kehidupan sosial maupun pendidikannya. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai pola komunikasi yang terjadi pada komunitas Suara Hati Yogyakarta dalam kegiatan Sekolahku Luar Biasa. Penelitian ini menggunakan metode etnografi komunikasi. Paradigma penelitian yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi data. Subjek dari penelitian ini adalah pihak pengelola beserta volunteer Komunitas Suara Hati Yogyakarta dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang menjadi target dalam kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi yang terbentuk satu arah di mana tidak ada respon dari anak, dua arah yang dilakukan dengan pendekatan personal kepada anak dan multi arah yang dilakukan dengan komunikasi verbal serta non verbal. Pola komunikasi paling efektif untuk diterapkan ketika berkomunikasi dengan Anak Bekebutuhan Khusus (ABK) adalah pola komunikasi multiarah yang didukung dengan komunikasi nonverbal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnak Berkebutuhan Khusus, Komunitas Suara Hati Yogyakarta, Pola Komunikasi, Proses belajar mengajaren_US
dc.titlePOLA KOMUNIKASI KOMUNITAS SUARA HATI YOGYAKARTA DALAM KEGIATAN SEKOLAHKU LUAR BIASAen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record