dc.contributor.author | Dwi Kumala, Olivia | |
dc.contributor.author | Puspita Sari, Endah | |
dc.contributor.author | Pratiwi Widayaningsih, Titi | |
dc.date.accessioned | 2020-01-23T04:15:12Z | |
dc.date.available | 2020-01-23T04:15:12Z | |
dc.date.issued | 2019-10-24 | |
dc.identifier.isbn | 978-602-6215-79-6 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/17351 | |
dc.description.abstract | Perilaku bullying memberikan dampak yang merugikan, bukan hanya kepada
korban tapi juga pelaku. Dampak tersebut tidak hanya dirasakan pada saat periode
perilaku bullying terjadi, tapi bisa berlanjut hingga pelaku dan korban memasuki tahapan
usia dewasa. Untuk meminimalkan dampak tersebut, penelitian ini dilakukan dengan
memberikan intervensi komunitas berupa prevensi primer. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode quasi eksperimen one group pretest and posttest within group
analysis. Peneliti memberikan perlakuan kepada peserta berupa psikoedukasi tentang
bullying. Hasil intervensi yang diberikan kepada peserta menunjukkan bahwa ada
peningkatan pemahaman tentang bullying setelah intervensi diberikan (Z = -3.519 dan p
= 0.000 dimana p < 0.005). Setelah intervensi berlangsung, peserta psikoedukasi diminta
menjadi kader anti bullying di sekolah. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | bullying, pencegahan primer, sekolah dasar | en_US |
dc.title | PSIKOEDUKASI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING DAN PEMBENTUKAN KADER ANTI-BULLYING DI SD Y | en_US |
dc.type | Book | en_US |