Museum Kapal dan Perahu Tradisional di Makassar
Abstract
Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang pernah menjadi pusat
perniagaan dan kegiatan laut pada zaman dahulu, yang melahirkan pelaut-pelaut yang tangguh.
Bagi masyarakat Sulawesi Selatan, kapal dan perahu tidak hanya dipandang sebagai alat angkut
semata tetapi juga sebagai produk budaya, hasil cipta, rasa, karya dan karsa yang dipandang
memiliki makna dan simbolik yang sangat berpengaruh pada kebudayaan bahari masyarakat
Sulawesi Selatan. Salah satu perahu yang sangat terkenal dan merupakan kebanggan masyarakat
Sulawesi Selatan adalah perahu Pinisi.
Sebagai usaha pewarisan yang dianggap terbaik adalah melalui suatu wadah yang dapat
mengungkapkan secara objektif nilai budaya dan pendidikan yang terkandung dalam hasil
peninggalan dalam bidang maritim adalah museum.Namun permasalahan museum-museum yang
ada sekarang ini adalah atensi masyarakat sangat minim, karena tidak memancing minat dan
aspirasi masyarakat akibat dari kemonotonan penyajian obyek dan ruang pamer. Oleh karena itu
butuhkan penciptaan tata ruang dalam yang mampu menunjang proses penyampaian informasi
yang rekreatif dan informatif yang pada akhimya penampilan fisik merupakan faktor penunjang
bersama agar bisa menarik pengunjung yang menghadirkan bentuk bangunan dengan pendekatan
konsep pada bentuk dan simbol-simbol perahu Pinisi.
Dalam menciptakan tata ruang yang rekreatif dan informatif, digunakan konsep dari tahapan
proses pembuatan kapal Pinisi yaitu proses pencarian kayu pembuatan kapal dan peluncuran
yang ditransformasikan kedalam tata ruang pamer menjadi proses pencarian,
pengenalan.pemahaman yang pada akhimya dapat menghasilkan kepuasan batin bagi
pengunjung itu sendiri. Konsep ini diwujudkan melalui organisasi ruang, hubungan ruang, sirkulasi dan tata ruang pamer.
Untuk penampilan bangunan konsep yang digunakan penganalogian dari unsur-unsur dan symbol-simbol
yang menjadi karakteristik dari Kapal Pinisi. Yang dituangkan ke dalam bentuk dan elemen-elemen bangunan.
Collections
- Architecture [3718]