ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING KETIKA INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi underpricing ketika Initial Public Offering (IPO). Variabelvariabel
yang diteliti antara lain reputasi underwriter, reputasi auditor, financial
leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 78 dari jumlah populasi 139
perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 - 2018.
Regresi linear berganda digunakan untuk mengestimasi jumlah variabel yang
diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya variabel Reputasi
Underwriter dan Reputasi Auditor yang berpengaruh negatif terhadap
Underpricing, sedangkan untuk variabel Financial leverage, Profitabilitas, dan
Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Underpricing
Collections
- Akuntansi [4399]