dc.description.abstract | Pendidikan merupakan usaha atau rencana yang sengaja dituangkan dalam pendidikan
nasional. Tujuan dari pendidikan adalah supaya siswa dapat mengembangkan potensi yang ada
dalam dirinya dan tujuan lain pendidikan adalah menjadikan anak indonesia sebagai individu
yang cerdas dan bermoral. Namun, dalam proses pendidikan terdapat masalah bisa berdampak
terhadap prestasi anak kedepannya. Pada kasus ini saya menemukan permasalahan pada TKIT
Baiturrahim, dimana proses pembelajaran yang masih terbelakang atau disebut juga tradisional.
Pada zaman sekarang proses pembelajaran di TK sudah mulai modern, yang mana sistem
pengajarannya sudah memanfaatkan teknologi seperti komputer dan lain-lain. Oleh karena itu,
untuk membantu meningkatkan pembelajaran yang tradisional menjadi modern supaya
menambah ketertarikan siswa-siswi dalam belajar dan juga mempermudah pengajar dalam
mengajar maka dibutuhkan alat bantu ajar digital berbasis gim supaya pembelajaran tidak lagi
monoton dan menyenagkan bagi siswa-siswi. Pada penelitian ini, akan menggunakan metode
belajar sambil bermain yang mengangkat APE (alat permainan edukatif) digital sebagai alat
bantu ajar. APE yang dibangun dan dikembangankan menjadi sebuah gim digial. Pembuatan
gim digital ini bertujuan unjuk membantu pengajar dalam memperkenalkan huruf hijaiyah
pada anak usia dini. Berdasarkan hasil pengmbangan aplikasi menggunakan metode yaitu
Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) maka diperoleh
aplikasi alat bantu ajar untuk membantu pengenalan huruf hijaiyah pada TKIT Baiturrahim.
Belajar sambil bermain dapat meningkatkan nilai dan motivasi dalam proses pembelajaran. | en_US |