DESAIN STRUKTUR ATAS JEMBATAN MENGGUNAKAN SISTEM JEMBATAN PELENGKUNG BAJA TIPE TIED ARCH BRIDGE (DESIGN OF UPPER STRUCTURE BRIDGE USING STEEL TIED ARCH BRIDGE SYSTEM)
Abstract
Secara umum, Jembatan pelengkung adalah jembatan yang mempunyai bentuk struktur
setengah lingkaran yang bertumpuh pada abutmen di kedua sisi jembatan. Prinsip kerja jembatan
pelengkung, beban vertikal yang bekerja ditransfer menjadi reaksi horizontal pada struktur
lengkung. Dalam penyusunan tugas akhir ini, jembatan Kali Elo Magelang didesain mengunakan
jenis jembatan pelengkung baja dengan panjang bentang 80 meter. Sistem struktur pelengkung pada
jembatan ini dipilih karena lebih efektif untuk jembatan dengan bentang 60-500 meter. Pembebanan
jembatan menggunakan SNI 1725-2016 dan untuk perencanaan struktur baja digunakan RSNI-T-
03-2005. Analisis struktur jembatan menggunakan bantuan program SAP 2000 v.20 dan Ms. Excel
2016. Adapun penggambaran hasil perencanaan menggunakan program AutoCAD 2017. Dari hasil
analisis dan desain yang telah dilakukan, disimpulkan profil dan dimensi komponen yang digunakan
untuk struktur atas jembatan pelengkung baja adalah gelagar memanjang menggunakan WF
300.200.9.14. Gelagar melintang menggunakan WF 900.300.18.34. Balok Tie Beam menggunakan
Boks baja 1200.600.40.40. Balok Pelengkung menggunakan Bosk baja 1300.600.40.40. Balok
Pengaku menggunakan WF 350.350.12.19. Pelat lantai kendaraan dalam perancangan jembatan
mengunakan pelat beton bertulang dengan tebal plat beton bertulang 200 mm. Tulangan Terpasang
arah melintang D16-100 dan arah memanajang D-13-100. Penggantung lantai kendaraan
menggunakan produk dari Macalloy 520 Bar System dengan tipe M76 berdiameter Ø72 mm.
Minimum breaking load = 2520 kN > Nu =1407,06 kN. Tipe sambungan menggunakan tipe tumpu
dan mutu pelat penyambung BJ 37.
Collections
- Civil Engineering [4192]