dc.description.abstract | De'chruse Petcenter Batam menggunakan Blackberry Messenger sebagai
media dalam memberikan promosi maupun melakukan transaksi jual beli. Salah
satu yang menjadi media promosi maupun media pembelian dan penjualan
melalui blackberry messenger adalah menjual makanan, vitamin, aksesoris,
kebutuhan sehari-hari hewan lainnya. Sehingga inilah yang menjadi landasan
peneliti dalam menganalisis pemanfaatan Blackberry Messenger terhadap
kepuasan pelanggan di De’Chruse Petcenter Batam.
Penelitian ini dilakukan di De'chruse Petcenter Batam, yakni dengan
mengambil responden pelanggan sebagai objek yang diteliti, sampel responden
yang diambil yaitu sebanyak 84 responden. Teknik analisis data yang digunakan
adalah OLS (Ordinary Least Square) dan Skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan pengaruh broadcast message dan private
message dengan kepuasan pelanggan, sedangkan untuk display picture dan
personal message tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Sehingga dengan adanya pengaruh tersebut, pemanfaatan blackberry
messenger melalui broadcast message dan private message dapat meningkatkan
kepuasan pelanggan dalam mendapatkan informasi tentang promosi dari pihak
petshop maupun dalam melakukan transaksi jual beli di petshop. | en_US |