dc.description.abstract | Pendidikan anak harus dimulai sejak dini, yaitu sejak usia 3 tahun.
Pembinaan pendidikan dan pembimbingan anak sedini mungkin sangat berperan
terhadap kemajuan perkembangan tingkat kecerdasan anak. Pembinaan pada anak
dengan mengembangkan kemampuan panca indera yang dimiliki setiap anak,
melalui berbagai alat yang mampu memberikan rangsangan dimana semua itu
bersifat pelajaran. Para ahli pendidikan anak menyatakan bahwa bermain pada anak
adalah belajar dan belajarnya anak adalah bermain. Melalui bermain anak-anak
mendapatkan rangsangan yang dapat memacu perkembangannya.
Pendidikan anak yang ada di Indonesia ditangani oleh departemen milik
pemerintah antara lain Kelompok Bermain ; Taman Kanak-Kanak ; Tempat
Penitipan Anak dan Bina Keluarga Balita. Semua pendidikan anak tersebut
memberikan pembinaan pendidikan awal agar anak memiliki bekal untuk tahapan-tahapan
pendidikannya mendatang. Pendidikan anak yang dihadirkan di Tugas Akhir
ini adalah Taman Kanak-Kanak, yaitu pendidikan prasekolah yang menyediakan
program pendidikan dini bagi anak usia 4 tahun sampai memasuki pendidikan dasar.
Taman Kanak-Kanak disini memakai kurikulum yang dipakai di Indonesia sekarang
yaitu program kegiatan belajar TK kelompok A (untuk anak usia 4-5 tahun) dan
kelompok B (untuk anak usia 5-6 tahun).
Di Indonesia tipe Taman Kanak-Kanak menurut Depdikbud ada 3 yaitu TK
Sederhana, TK Sedang dan TK Ideal. Taman Kanak-Kanak dalam Tugas Akhir ini
mengacu tipe ideal dengan program belajar full days yang menghadirkan bentukan
ruang dan sirkulasi yang dinamis pada ruang dalam dan ruang luar yang akan
merangsang perkembangan anak, seperti ruang dengan mengadopsi bentuk lingkaran
dan bentuk sirkulasi yang berkelok dimana menimbulkan kesan petualangan pada
anak. Pemberian bentuk stimulasi tersebut akan membuat anak lebih berpikir kritis,
yang akan mengajarkan anak pada konsep berpikirnya. | en_US |