MODAL PSIKOLOGIS DAN PERILAKU INOVATIF PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM)
Abstract
Penelitian ini meneliti hubungan antara modal psikologis dan perilaku inovatif
pada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Yogyakarta. Banyak UMKM
gulung tikar akibat perilaku inovatif yang muncul masih rendah sehingga tidak
mampu bersaing dengan kompetitor baru. Sebanyak 41 UMKM terlibat pada
penelitian ini dengan jumlah responden penelitian sebanyak 229 pelaku usaha
mikro kecil menengah. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi
Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif
antara modal psikologis dan perilaku inovatif dengan nilai koefisien korelasi
sebesar r = 0.422 dengan nilai p= 0.000 (p<0.05). Berdasarkan hasil tersebut
maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2170]