dc.contributor.advisor | Andhika Giri Persada | |
dc.contributor.author | Faza Rofiqi, 12523255 | |
dc.date.accessioned | 2019-11-04T08:06:24Z | |
dc.date.available | 2019-11-04T08:06:24Z | |
dc.date.issued | 2019-08-26 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/15986 | |
dc.description.abstract | Setiap anak putus sekolah tentu punya impian. Salah satu caranya mewujudkan impian adalah dengan mengidentifikasi minat anak-anak tersebut. Untuk menangani masalah tersebut maka dibentuklah sebuah desain interaksi aplikasi untuk memetakan minat anak.
Dalam penelitian ini dilakukan beberapa tahapan sesuai yang terdapat dalam metode Design Thinking. Dimulai dari empathy dengan melakukan observasi dan wawancara. Kemudian dilanjutkan dengan merancang persona dari tahap empathy. Tahap selanjutnya malakukan perancangan Hierarchical Task Analysis. Selanjutnya melakukan perancangan wireframe sebagai tampilan yang masih memiliki tingkat presisi yang rendah. Setelah wireframe jadi maka tahap selanjutnya adalah dilakukan perancangan prototype. Prototype tersebut nantinya akan diujikan ke persona menggunakan Usability Testing dengan diberikan sebuah skenario. Dari pengujian tersebut dibentuk sebuah indikator yang berfungsi untuk mengecek seberapa mudah persona menggunakan prototype. Tahap selanjutnya adalah melakukan iterasi yang berfungsi untuk memperbaiki tampilan prototype.
Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah telah dirancang purwarupa atau prototype apikasi temukan minatmu dengan menggunakan metode Design Thinking yang menghasilkan desain interaksi atau User Experience agar mempermudah anak putuh sekolah di yayasan Rumah Impian menemukan minatnya. Hal tersebut terbukti dari semua partisipan dapat menyelesaikan skenario pada proses Usability Testing. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Hierarchical Task Analysis | en_US |
dc.subject | prototype | en_US |
dc.subject | temukan minatmu | en_US |
dc.subject | Usability Testing | en_US |
dc.subject | User Experience dan wireframe | en_US |
dc.title | DESAIN INTERAKSI APLIKASI PEMETAAN MINAT UNTUK ANAK PUTUS SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |