dc.contributor.advisor | Drs. Sumedi Priyana Nugraha, Ph.D.,Psikolog | |
dc.contributor.advisor | Ratna Syifa’a Rachmahana, M.Si.,Psikolog | |
dc.contributor.author | RIZKA PUSPITA SARI | |
dc.date.accessioned | 2019-09-23T03:59:12Z | |
dc.date.available | 2019-09-23T03:59:12Z | |
dc.date.issued | 2019-07-22 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/15717 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan keterampilan sosial untuk meningkatkan penyesuaian sekolah pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan “X” Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan nonrandomized pretest-posttest control group design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 16 orang siswa yang terdiri dari 8 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala penyesuaian sekolah yang disusun oleh peneliti dengan merujuk pada teori penyesuaian diri sosial di sekolah menurut Schneiders (1964). Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis friedman. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan sosial dapat meningkatkan penyesuaian sekolah pada siswa setelah diberikan pelatihan pada kelompok eksperimen dengan signifikansi 0,004 (p < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan keterampilan sosial dapat meningkatkan penyesuaian sekolah pada siswa SMK. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Pelatihan Keterampilan Sosial | en_US |
dc.subject | Penyesuaian Sekolah | en_US |
dc.title | Pelatihan Keterampilan Pelatihan Keterampilan Sosial Untuk Meningkatkan Penyesuaian Sekolah Pada Siswa Di Smk “X” Yogyakarta Untuk Meningkatkan Penyesuaian Sekolah Pada Siswa Di Smk “X” Yogyakarta | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 15915056 | |