Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Sumedi Priyana Nugraha, Ph.D.,Psikolog
dc.contributor.advisorRatna Syifa’a Rachmahana, M.Si.,Psikolog
dc.contributor.authorRIZKA PUSPITA SARI
dc.date.accessioned2019-09-23T03:59:12Z
dc.date.available2019-09-23T03:59:12Z
dc.date.issued2019-07-22
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15717
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan keterampilan sosial untuk meningkatkan penyesuaian sekolah pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan “X” Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan nonrandomized pretest-posttest control group design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 16 orang siswa yang terdiri dari 8 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala penyesuaian sekolah yang disusun oleh peneliti dengan merujuk pada teori penyesuaian diri sosial di sekolah menurut Schneiders (1964). Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis friedman. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan sosial dapat meningkatkan penyesuaian sekolah pada siswa setelah diberikan pelatihan pada kelompok eksperimen dengan signifikansi 0,004 (p < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan keterampilan sosial dapat meningkatkan penyesuaian sekolah pada siswa SMK.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPelatihan Keterampilan Sosialen_US
dc.subjectPenyesuaian Sekolahen_US
dc.titlePelatihan Keterampilan Pelatihan Keterampilan Sosial Untuk Meningkatkan Penyesuaian Sekolah Pada Siswa Di Smk “X” Yogyakarta Untuk Meningkatkan Penyesuaian Sekolah Pada Siswa Di Smk “X” Yogyakartaen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US
dc.Identifier.NIM15915056


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record