EVALUASI PERBAIKAN TANAH DENGAN METODE DYNAMIC COMPACTION UNTUK PENANGGULANGAN LIKUIFAKSI
Abstract
Likuifaksi merupakan suatu fenomena akibat hilangnya kekuatan lapisan tanah akibat mendapat beban siklik, misalnya beban yang diakibatkan oleh gempa, sehingga mengakibatkan tanah tersebut berdeformasi dari solid menjadi cair. Terjadi pada tanah jenuh air diakibatkan oleh peningkatan tekanan air pori dan pengurangan tegangan efektif tanah dan sekaligus juga mengurangi kekuatan geser tanah yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui potensi likuifaksi yang dapat terjadi dan bagaimana cara penanggulangannya dengan Dynamic Compaction. Pada penelitian ini, penulis meninjau lokasi di Kulon Progo yaitu pada Proyek Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA).
Penelitian dimulai dari pengambilan data tanah SPT dan CPT serta data laboratorium pada landasan pacu Proyek Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) untuk pengujian CSR (Cyclic Stress Ratio) dan CRR (Cyclic Resistance Ratio) dan membandingkan hasil sebelum dengan setelah dilakukan pemadatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan perbaikan tanah, beberapa lapis tanah di setiap titik tinjauan masih memiliki potensi untuk terjadi likuifaksi. Namun setelah perbaikan tanah dengan dynamic compaction dapat disimpulkan seluruh titik tinjauan aman dari potensi likuifaksi karena seluruh titik memiliki Safety Factor lebih dari 1 dan memiliki nilai (N1)60 > 30 diklasifikasikan sebagai tanah tidak terlikuifaksi. Zona kerentanan mengalami likuifaksi di kedalaman 2 – 6 meter.
Collections
- Civil Engineering [4194]