Gim Edukasi Doa Sehari-Hari untuk Anak TK Melalui Pendekatan Animasi
Abstract
Salah satu bentuk ibadah dalam ajaran agama Islam adalah anjuran untuk memohon/meminta kebaikan kepada Allah Swt. dengan cara berdoa, salah satunya yaitu doa sehari-hari. Belajar dan menghafal doa sehari-hari dapat dikembangkan dengan memanfaatkan pengalaman atau experience secara interaktif dalam bentuk gim, terutama gim dengan tipe permainan interaktif. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana memodelkan materi doa sehari-hari ke dalam bentuk gim edukasi dengan tipe permainan interaktif berbasis animasi yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah perancangan pemodelan materi doa sehari-hari ke dalam bentuk gim edukasi dengan tipe permainan interaktif yang mengandung animasi, suara, dan permainan serta memberikan unsur pengalaman atau experience pada pemain.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penciptaan gim berbasis animasi dengan Adobe Animate melalui metode ADDIE, karena metode ADDIE cocok untuk digunakan dalam pengembangan gim yang bersifat gim edukasi. Lalu perancangannya dengan menggunakan Hierarchy Plus Input Process Output atau yang biasa disingkat dengan HIPO, pengembangan, dan kemudian pengujian dengan mengimplementasikan terhadap responden guru TK dan anak TK.
Pengujian dilakukan terhadap lima responden yang merupakan guru TK dan tujuh responden yang merupakan anak TK dengan hasil implementasi dalam aspek penyampaian informasi dan interaktivitas memperoleh hasil yang baik. Hasil ini menunjukkan bahwa gim edukasi dengan tipe permainan interaktif dengan berbasis animasi dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak TK Islam Terpadu Baiturrahim.
Collections
- Informatics Engineering [2143]