PENINGKATAN OMSET TOKOPEDIA COMMUNITY YOGYAKARTA PERPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM
Abstract
Tokopedia sebagai salah satu marketplace terdepan di Indonesia memiliki ribuan penjual. Salah satu komunitas Tokopedia yang bergerak aktif dalam memajukan usahanya adalah Tokopedia Community Yogyakarta. Dengan bertambahnya jumlah pelaku bisnis yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, para pelaku bisnis memiliki tantangan untuk menjangkau pembeli lebih luas dan meningkatkan omset penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang peningkatan omset pada Tokopedia Community Yogyakarta yang ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Hasil penelitian yaitu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan omset pada Tokopedia Community Yogyakarta yaitu 1) Produk, 2) Promosi, 3) Harga, 4) Pelayanan dan 5) Faktor lain meliputi keadaan ekonomi dan trend. Ditinjau dengan 5 aksioma etika bisnis Islam yaitu keesaan, keseimbangan, kehendak bebeas, tanggungjawab dan kebajikan. Peningkatan omset pada Tokopedia Community Yogyakarta sudah selaras dengan prinsip etika bisnis Islam, hanya saja pada faktor harga terdapat pelanggaran berupa perang harga yang menyebabkan jatuhnya harga suatu produk dan merugikan penjual lainya.