• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Industrial Technology
    • Industrial Engineering
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Industrial Technology
    • Industrial Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) pada Program Studi Teknik lndustri, Fakultas Teknologi lndustri, Universitas Islam Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    02522263 Muhammad Annas B..pdf (75.16Mb)
    Date
    2006
    Author
    Annas B, Muhammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kualitas pelayanan pendidikan yang diberikan selama ini oleh program studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta yang nampaknya belum memberikan kepuasan yang maksimal bagi mahasiswanya sebagai konsumen pada institusi pendidikan ini. Hal ini ditandai dengan adanya berbagai macam keluhan dari mereka baik yang disampaikan secara langsung ataupun tidak kepada pihak jurusan. Di samping itu, hasil survei kami mengungkapkan bahwa indeks tingkat kepuasan mahasiswa Jurusan Teknik Industri lebih rendah dibandingkan dengan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan karakteristik kualitas untuk peningkatan pelayanan pendidikan melalui penentuan atribut kualitas pelayanan yang perlu direkomendasikan untuk dilakukan perbaikan berdasarkan nilai gap analysis, berat bobot baris (raw weight), evaluasi pembanding, dan menentukan urutan prioritas perbaikan kualitas pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quality Function Deployment (QFD) yang didukung dengan penyebaran kuisioner kepada para mahasiswa, khususnya mahasiswa Teknik Industri dan Teknik Informatika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut kualitas pelayanan yang perlu direkomendasikan untuk dilakukan perbaikan berdasarkan nilai gap analysis dan berat bobot baris (raw weight) adalah kualitas pelayanan tenaga administrasi jurusan dengan nilai gap analysis sebesar 1,843 dan nilai berat bobot baris (raw weight) sebesar 5,755. Sedangkan atribut kualitas pelayanan yang perlu direkomendasikan untuk dilakukan perbaikan berdasarkan evaluasi pembanding adalah kualitas keilmuan dosen dengan nilai gap sebesar 0, 485. Untuk perbaikan pelayanan pendidikan berdasarkan kebutuhan teknis, urutan prioritasnya adalah manajemen sumber daya manusia dengan nilai kepentingan absolut sebesar 432. 786 dan nilai kepentingan relatif sebesar 46,299%, kemudian pengembangan kurikulum dan program dengan nilai kepentingan absolut sebesar 253,568 dan nilai kepentingan relatif sebesar 27,127%, serta pembenahan fasilitas penunjang dengan nilai kepentingan absolut sebesar 248,406 dan nilai kepentingan relatif sebesar 26, 57 4%.
    URI
    http://hdl.handle.net/123456789/14903
    Collections
    • Industrial Engineering [1058]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV