Perancangan dan Pembuatan kendali PID (Proportional Integral Derivative)
Abstract
Sistem kendali merupakan hal yang tidak bisa diabaikan dalam dunia industri. Keberadaan sistem kendali sangat membantu dalam hal otomatisasi sistem sehingga kendali dapat mempermudahkan sistem pengoperasian dan mampu menekan biaya (cost) produksi.
Sistem kendali atau control system adalah kumpulan dari beberapa komponen alat yang bertujuan untuk mendapatkan hasil keluaran (output) dengan memanipulasi nilai atau variabel dari suatu sistem.
Kendali PID (Proportional Integral Derivative) merupakan salah satu kendali analog. Penggabungan dari ketiga kendali PID yaitu proportional, integral dan derivative akan menghasilkan respon yang baik Yang mana bertujuan untuk mendapatkan waktu tanggap yang cepat, lonjakan (overshoot) minimal serta meniadakan steady state error.
Perancangan kendali akan lebih difokuskan pada perancangan kendali Proportional (P), Proportional+Integral (P+I), Proportional+Derivative (P+D). Perancangan dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan electronic workbench dan perancangan secara langsung (hardware).
Dalam penulisan tugas akhir ini dirancang dan diuji suatu sistem kendali PID yang nantinya akan diamati mengenai penguatan tegangan yang dihasilkan serta pengamatan terhadap bentuk sinyal yang dihasilkan.
Nilai penguatan tegangan yang dihasilkan oleh kendali proportional pada alat bantu simulasi Electronic Workbench (EWB) sebesar -9.98 Volt dan pada rangkaian elektronik sebesar -9,37 Volt. Kemudian nilai penguatan tegangan untuk kendali P+I pada EWB sebesar 12,28 Volt dan untuk rangkaian elektronik sebesar 2,13 Volt. Untuk nilai penguatan tegangan kendali P+ D pada EWB didapatkan nilai tegangan sebesar 10,005 Volt dan untuk secara rangkaian elektronik nilai tegangan sebesar 4,02 Volt.
Kata Kunci : Sistem Kendali, Kendali PID (Proportional Integral Derivative), penguatan tegangan, bentuk sinyal.
Collections
- Mechanical Engineering [555]