dc.description.abstract | Warung internet (warnet) merupakan tempat pelayanan internet umum komersil
yang menyediakan jasa untuk akses internet. Oleh karena itu para pengusaha
warnet berusaha memberikan pelayanan terbaik mereka. Namun kebanyakan dari
para pengusaha warnet lebih memfokuskan pada pelayanan fasilitas komputer,
dan melupakan fasilitas yang lain seperti kenyamanan ruangan warnet.
Ketidaknyamanan warnet dapat mengganggu konsentrasi dan privacy pengguna
pada saat menggunakan jasa layanan warnet. Pada penelitian ini dilakukan
analisis terhadap keinginan pelanggan akan warnet dan penentuan kriteria
desain warnet yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Pada masalah ini
peneliti menggunakan metode kansei engineering. Dimana dari kata-kata kansei
(perasaan) dan pelanggan diidentifikasi ke beberapa faktor yang kemudian
dianalisis dengan menggunakan anlisis factor, faktor-faktor yang terbentuk yang
kemudian dijadikan pertimbangan untuk menentukan kriteria desain dari suatu
warnet. Kriteria desain warnet juga tidak terlepas dari asumsi-asumsi ergonomi,
baik aspek antrophometri, aspek lingkungan, maupun aspek stasiun kerja
(Workstation). Kesimpulan yang diharapkan dari penelitian ini adalah
menentukan faktor-faktor yang menentukan perubahan pada suatu warnet dan
menentukan kriteria desain sesuai dengan kansei (perasaan) dari pelanggan.
Hasil dari penelitian ini yaitu dari hasil analisis faktor dan 30 variabel manifes
didapatkan 8 variabel yang merupakan variabel laten (faktor) yaitu faktor kursi,
faktor meja computer, faktor pencahayaan dan warna, faktor kebisingan, faktor
tata-letak, faktor suhu dan kondisi udara, faktor kenyamanan operasi, dan faktor
kerapian. | en_US |