Show simple item record

dc.contributor.authorPutri, Mardiana Eka
dc.date.accessioned2019-06-28T06:15:29Z
dc.date.available2019-06-28T06:15:29Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/14765
dc.description.abstractSimpang jalan merupakan simpul transportasi yang terbentuk dari beberapa pendekat/lengan, dimana arus kendaraan dari beberapa pendekat tersebut bertemu dan memencarkan meninggalkan simpang. Permasalahan yang sering terjadi di simpang adalah kemacetan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pada simpang dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, terutama yang berkaitan dengan kondisi operasional simpang. Penelitian ini dilakukan pada simpang empat sebidang tidak simetris Ngabean di jalan KHA. Dahlan. Perencanaan menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan program Excel 2003 untuk mengolah data lalulintas. Data lalulintas diperoleh dari pencacahan jumlah kendaraan di lapangan yang dilakukan selama 4 hari, yaitu hari Senin (15 mei 2006), Selasa (16 mei 2006), Rabu (17 mei 2006) dan Sabtu (20 mei 2006) pada jam-jam sibuk tiap 15 menit selama 2 jam. Dari hasil analisis pada hari Sabtu diperoleh nilai derajat kejenuhan (DS) > 0,75 dan nilai tundaan rata-rata simpang sebesar 395,61 detik/smp. Tingkat pelayanan menurut keputusan menteri perhubungan berada pada tingkat F. Hal ini menunjukkan bahwa pada hari Sabtu simpang mempunyai kondisi operasional yang rendah sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap simpang tersebut. Untuk mendapatkan tingkat pelayanan yang baik, maka alternative pemecahan yang terbaik adalah dengan perubahan geometrik simpang, pengaturan parkir berupa larangan parkir sejauh 80 m, menurunkan aktivitas hambatan samping, larangan belok kiri langsung (LTOR) pada lengan timur dan menggunakan waktu siklus sama pada kondisi eksiting yaitu 124 detik. Cara ini dapat menurunkan tundaan rata-rata simpang menjadi 53,35 detik/smp, menurunkan derajat kejenuhan (DS) < 0,75 dan berada pada tingkat pelayanan E.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Tingkat Pelayananen_US
dc.subjectSimpang Bersinyal Ngabeanen_US
dc.subjectJalan KHA. Dahlan Yogyakartaen_US
dc.subjectVolume Lalu Lintasen_US
dc.subjectMetode MKJI 1997en_US
dc.titleAnalisis Tingkat Pelayanan Simpang Bersinyal Ngabean di Jalan KHA. Dahlan Yogyakartaen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record