dc.contributor.advisor | Drs. Sumedi P. Nugraha, Ph.D, Psikologi | |
dc.contributor.author | FATHIRA QORINA ADNANI | |
dc.date.accessioned | 2019-04-12T10:40:52Z | |
dc.date.available | 2019-04-12T10:40:52Z | |
dc.date.issued | 2019-01-31 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14484 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan belajar dapat
meningkatkan self regulated learning pada mahasiswa Teknik Sipil. Penelitian ini
menggunakan desain pretest-postest control group desaign. Partisipan penelitian ini
adalah mahasiswa angkatan 2014-2017 yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 5
orang dalam kelompok eksperimen dan 3 orang dalam kelompok kontrol. Alat ukur
yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self regulated learning dari Pintrich
(2000) yaitu motivated strategies for learning questionaire (MSLQ). Uji Hipotesis
menggunakan analisis mann whitney menunjukkan nilai z= -1.950 dan p= 0.051
(p>0.05). Hasil ini mengindikasikan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
pelatihan keterampilan belajar tidak dapat meningkatkan self regulated learning pada
mahasiswa Teknik Sipil. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Keterampilan Belajar | en_US |
dc.subject | Self Regulated Learning | en_US |
dc.subject | Teknik Sipil | en_US |
dc.title | Pelatihan Keterampilan Belajar Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Teknik Sipil Universitas “X” Di Yogyakarta | en_US |
dc.type | Master Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 15915049 | |