Pengaruh Penambahan Roadcell 50 pada Struktur Aspal Beton Bergradasi HRA dengan Pengujian Marshall dan Tarik Kohesi
Abstract
Hot Rolled Asphalt adalah jenis dari perkerasan lentur jalan raya yang
merupakan campuran agregat dan aspal dengan menggunakan gradasi timpang
dan dicampur dalam keadaan panas yang kemudian digunakan sebagai lapis
permukaan.
Karateristik permukaan tersebut banyak dipengaruhi oleh bahan susun campuran
dan cara pelaksanaan pembuatannya, yaitu pada saat pencampuran, penghamparan
dan pemadatannya.
Dalam penelitian ini digunakan bahan tambah Roadcell 50 yang berbentuk
serat selulosa yang dimasukkan dalam campuran HRA dengan maksud
memperbaiki sifat kimiawi aspal untuk meningkatkan kekuatan fisik campuran,
yaitu dengan memperbaiki nilai stabilitasnya sehingga memperkecil deformasi.
Kadar roadcell 50 ini divariasikan dari 0,1; 0,2; 0,3; 0,4 sampai dengan 0,5 dari
berat campuran/sampel, sedangkan kadar aspal yang digunakan yaitu kadar aspal
optimum 6,75 % untuk campuran HRA. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah cara pemeriksaan dengan metode Marshall Test dan uji tarik Kohesi
yang hasilnya kemudian dibandingkan dengan spesifikasi Bina Marga.
Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Jalan Raya Jurusan Teknik
Sipil Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan Universitas Islam Indonesia dan
Laboratorium Teknik Sipil Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Roadcell 50 dengan variasi 0,1 %
s.d. 0,5 % untuk campuran HRA mampu meningkatkan nilai stabilitas sebesar
0,84 % sampai dengan 7,75 % seiring dengan semakin lamanya proses curing
yang dilakukan bila dibandingkan dengan yang konvensional, untuk nilai flow
cenderung menurun dibanding dengan campuran tanpa bahan tambah akan tetapi
masih memenuhi spesifikasi yang disyaratkan, karena dalam campuran Hot Rolled
Asphalt lebih banyak memiliki agregat halus maka nilai kohesi campuran aspal
tanpa bahan tambah lebih tinggi yaitu sekitar 19,96 % dibandingkan nilai kohesi
campuran aspal dengan bahan tambah Roadcell 50.
Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa lapis perkerasan
yang menggunakan Roadcell 50 bergradasi HRA baik digunakan pada daerah
bertemperatur tinggi dan lain lintas berat.
Collections
- Civil Engineering [4192]