Studi Eksperimental Struktur Jembatan Dinding Rangka Single Warren dan Callender Hamilton
Abstract
Rangka Single Warren dan rangka Callender Hamilton mempunyai
perbedaan pada susunan batangnya. Sudut kemiringan batang diagonal rangka
Single Warren kurang-lebih sebesar 60 dan untuk rangka Callender Hamilton
sebesar 45. Hal ini menyebabkan batang atas (tekan ) pada rangka Callender
Hamilton menjadi lebih panjang. Untuk memperpendek panjang batang tekan
pada rangka Callender Hamilton diberi batang sekunder, sehingga menimbulkan
perilaku yang berbeda. Tujuan dan penelitian ini adalah untuk membandingkan
kekakuan rangka jembatan yang berbeda bentuk tetapi panjang dan tinggi rangka
jembatan sama. Tmjauan dilakukan pada rangka Single Warren dan Callender Hamilton.
Dari ke-2 benda uji dilakukan pengujian pembebanan di Laboratorium
Struktur, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia,
sehingga diperoleh data dalam bentuk tabel, grafik beban lendutan dan grafik
momen kelengkungan. Dari data pengujian dapat diketahui nilai kekakuan
masing-masing rangka tersebut.
Dari hasil pembahasan didapatkan bahwa struktur rangka jembatan
Callender Hamilton mempunyai kekakuan yang lebih besar dibandingkan rangka
Single Warren. Dalam pengujian terjadi kegagalan tekuk puntir sehingga struktur
rangka jembatan tidak mampu mendukung beban yang direncanakan. Kegagalan
tekuk puntir disebabkan pengaku lateral kurang baik.
Collections
- Civil Engineering [4192]