Yogyakarta Phone Market Centre Pengembangan Ex-Bank B H S Menjadi Yogyakarta Phone Market Centre
Abstract
Sebagaimana kita ketahui bahwa kota Yogyakarta kini selain sebagai kota
budaya dan pendidikan berkembang menjadi kota pariwisata dan bisnis dimana
dengan perkembangan tersebut memberikan peluangyang sangat baik pada dampak
perekonomian kota Yogyakarta itu sendiri. Adanya kondisi tersebut membuka pula
peluang bagi para pelaku bisnis Phone Market.
Maraknya bisnis phone market itu sendiri tidak terlepas dari kondisi kota
Yogyakarta itu sendiriyang sangat dinamis terhadap perkembangan kotanya dimana
dari aspek predikatnya sebagai kota budaya dan kota pendidikan serta kota
pariwisata dan bisnis telah membawa pada suatu kondisi pada berlomba-lombanya
para inspestor dalam meraih peluang bisnis.
Melihat dari semakin maraknya penyedia jasa layanan telephone seluller
dalam mempasilitasi diri, secara otomatis membuka peluang bagi para pelaku bisnis
phone market dalam memenuhi kebutuhan para calon konsumen untuk dapat
memamfaatkan teknologi komunikasi telephone seluller dengan memasarkan produk
alat komunikasiyang biasa kita kenal dengan handphone.
Dalam perkembangannya Phone Market di Yogyakarta seperti diketahui
pada saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat hal tersebut dapat dilihat
dari indikasi munculnya beberapa pusat phone market yang mengakomodasi para
pelaku bisnis dibidang telephone seluler ini, baik itu perkembangan teknologinya
dengan beragam merk dan teknologi yang ditawarkan di pasaran.
Berdasarkan hasil survei serta data-data yang diperoleh di lapangan maka
perlunya suatu wadah bersama bagi pelaku bisnis telephone selluler di Yogyakarta
dalam melakukan bisnisnya agar dapat di akses secara penuh oleh warga
Yogyakarta sebagai suatu Phone Market Centre.
Dari hasil analisa pengembangan data yang ada kedalam konsep
perencanaan dan perancangan maka diperoleh lokasi yang terletak dijalan Laksda
Adisucipto atau jalan solo yang merupakan lahan bekas Ex-Bank BHS.
Berdasarkan aspek ekonomis dalam perencanaan dan perancangan maka
struktur bangunan Ex-Bank BHS dimamfaatkan dan dianalisa kedalam konsep
sehingga layakdikembangkan secara fungsional sebagai phone market centre.
Dari hasil pengembangan konsep internal dan eksternal serta tuntutan
fungsional dari suatu Pone Market Centre maka diperolehlah luasan serta
persentase pengembangan suatu phone market centre.
Agar mampu mengakomodasi semua kebutuhan ruang dan fungsional maka
pengembangan phone market centre dari Ex-Bank BHS tersebut harus mampu
mengakomodasi semua luasaan fungsi yang tidak tertampung pada luas Ex-Bank
BHS kedalam luasan baru dengan memperhatikan hubungan bangunan lama dengan
bangunan baru sebagai pengembangan, dengan konsep keterpaduan fungsinya yang
selaras dengan tampilan bangunanya sebagai pencitraannya.
Collections
- Architecture [3648]