Show simple item record

dc.contributor.advisorIzzati Muhimmah, S.T., M.Sc., Ph.D.
dc.contributor.authorRita Nur’aeni, 14523001
dc.date.accessioned2019-03-22T03:23:08Z
dc.date.available2019-03-22T03:23:08Z
dc.date.issued2019-02-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14304
dc.description.abstractGlobal Development Delay (GDD) adalah ketidakmampuan seorang anak di bawah usia 5 tahun yang tidak dapat mencapai tugas perkembangan sesuai dengan usianya. Dengan istilah lain GDD merupakan keterlambatan dua bidang atau lebih perkembangan motorik kasar, motorik halus, bicara/berbahasa, kognisi, personal/sosial dan aktifitas sehari-hari. Penanganan GDD salah satunya dapat dilakukan dengan cara melakukan fisioterapi. Fisioterapi sangat penting untuk dilakukan karena stimulasi-stimulasi yang dilakukan pada saat melakukan fisioterapi dapat merangsang sel-sel pada otak anak. Pada penelitian ini, penulis menemukan permasalahan bahwa setiap pasien memiliki waktu terbatas untuk melakukan fisioterapi dan tidak adanya panduan bagi orang tua untuk melakukan fisioterapi di rumah jika orang tua lupa jenis gerakan terapi yang harus dilakukan. Untuk memberikan panduan melakukan fisioterapi kepada orang tua di rumah, dibuatlah animasi pembelajaran untuk fisioterapi pada anak GDD. Pengembangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman C# pada software Unity 3D. Sedangkan metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini dengan menggunakan diagram Hierarchy Plus Input Process Output (HIPO). Pengujian aplikasi menggunakan skala Likert yang merujuk pada metode SUS (System Usability Scale) untuk menilai aspek usability terhadap aplikasi yang dibuat, aspek kesesuaian materi dan kesesuaian aplikasi. Hasil pengujian konten animasi dari aspek materi mendapatkan nilai rata-rata 4 dan hasil pengujian kepada calon pengguna mendapatkan nilai rata-rata 3,3 dari rentang maksimal 5. Maka dengan nilai tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk konten animasi sudah berhasil dan sesuai dengan kebutuhan, sedangkan untuk aspek usability masih belum berhasil.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectanimasien_US
dc.subjectfisioterapien_US
dc.subjectGlobal Development Delayen_US
dc.titleANIMASI PEMBELAJARAN UNTUK FISIOTERAPI PADA ANAK GLOBAL DEVELOPMENT DELAY (Studi Kasus di Unit Instalasi Rehabilitasi Medik, RS. Sardjito Yogyakarta)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record