dc.contributor.advisor | Yudi Prayudi, S.Si, M.Kom | |
dc.contributor.author | Gita Agistira Romanta, 14523235 | |
dc.date.accessioned | 2019-03-20T03:40:52Z | |
dc.date.available | 2019-03-20T03:40:52Z | |
dc.date.issued | 2018-08-19 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14267 | |
dc.description.abstract | Meningkatnya jumlah kendaraan per tahun menimbulkan banyak permasalahan bukan
saja polusi tapi juga kemacetan hingga kecelakaan lalu lintas yang terus bertambah setiap
tahunnya. Sehingga, diperlukan suatu sistem yang dapat membantu mengurangi kemacetan
dan kecelakaan seperti Intelligent Transportation System (ITS). ITS adalah transportasi
cerdas yang menggabungkan antara sistem transportasi dengan teknologi informasi demi
meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi serta keamanan transportasi.
Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu
indikator kemjuan manusia. Salah satu teknologi yang membantu manusia dalam
berkomunikasi dengan mudah adalah Vehicular Ad Hoc Network (VANET). VANET
termasuk dalam jaringan komunikasi nirkabel dan merupakan subkelas dari Mobile Ad Hoc
Network (MANET). Jaringan VANET adalah suatu jaringan Ad Hoc yang digunakan untuk
berkomunikasi antara kendaraan satu dengan kendaraan lainnya dengan kata lain disebut juga
dengan vehicle to vehicle communication (V2V). SUMO adalah sebuah framework simulasi
jaringan discrete-event yang bertipe object-oriented. Simulasi dilakukan dengan
menggunakan Simulation Of Urban Mobility, salah satu simulator untuk jaringan VANET.
Implementasi VANET di dunia nyata membutuhkan biaya yang sangat mahal dan jangkauan
luas sehingga tidak memungkinkan untuk diimplementasikan secara langsung.
Dalam sebuah jaringan, protokol routing merupakan hal yang sangat berpengaruh
terhadap kinerja jaringan tersebut. Begitu pula dalam jaringan VANET, terdapat banyak
protokol routing yang dapat diimplementasikan pada jaringan ini. Salah satunya adalah
protokol routing AODV (Ad hoc On demand Distance Vector). Pada penelitin ini, peneliti
menggunakan simulator SUMO. Skenario VANET berupa peta hasil generate baik berbentuk
grid maupun peta nyata, kecepatan kendaraan, dan traffic light serta berbagai fitur yang
mendukung kinerja simulasi VANET. Generator ini banyak digunakan oleh para peneliti
untuk menguji skema VANET. Penelitian ini membahas tentang studi kinerja dari skema
VANET terhadap salah satu generator, yaitu SUMO dengan hasil akhir yang diharapkan
adalah untuk mengetahui kinerja jaringan VANET dalam skenario (peta berbentuk peta riil). | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.title | SIMULASI VEHICULAR AD HOC NETWORK (VANET) MENGGUNAKAN OPENSTREETMAP DENGAN SIMULATION OF URBAN MOBILITY (SUMO) DAN OMNET++ | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |