Pelatihan Keterampilan Belajar Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Teknik Sipil Universitas “X” Di Yogyakarta
Master Thesis
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan belajar dapat meningkatkan self regulated learning pada mahasiswa Teknik Sipil. Penelitian ini menggunakan desain pretest-postest control group desaign. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2014-2017 yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 5 orang dalam kelompok eksperimen dan 3 orang dalam kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self regulated learning dari Pintrich (2000) yaitu motivated strategies for learning questionaire (MSLQ). Uji Hipotesis menggunakan analisis mann whitney menunjukkan nilai z= -1.950 dan p= 0.051 (p>0.05). Hasil ini mengindikasikan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan keterampilan belajar tidak dapat meningkatkan self regulated learning pada mahasiswa Teknik Sipil.
Collections
- Master of Psychology [344]