dc.contributor.advisor | Galang Prihadi Mahardhika, S.Kom., M.Kom. | |
dc.contributor.advisor | Arrie Kurniawardhani, S.Si., M.Kom. | |
dc.contributor.author | Riska Anisah, 14523166 | |
dc.date.accessioned | 2019-03-18T04:21:10Z | |
dc.date.available | 2019-03-18T04:21:10Z | |
dc.date.issued | 2019-02-13 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14153 | |
dc.description.abstract | Perkembangan ilmu pengetahuan selalu menjadi perhatian bagi ilmuwan-ilmuwan muslim. Oleh karena itu, pembelajaran mengenai ilmuwan-ilmuwan muncul pada kurikulum mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Hal ini bertujuan agar generasi-generasi muslim saat ini dapat lebih menghargai ilmu pengetahuan dan termotivasi untuk giat menuntut ilmu. Tetapi dalam penyampaian pembelajaran mengenai ilmuwan muslim tersebut dirasa kurang efektif dan menimbulkan rasa jenuh. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dimanfaatkan sebuah media alternatif pembelajaran yaitu gim.
Pada penelitian ini, penulis membangun sebuah Gim Edukasi Untuk Pengenalan Ilmuwan-ilmuwan Muslim. Gim ini dibangun melalui proses pengumpulan data, analisis kebutuhan dan perancangan sistem yang menggunakan metode participatory design. Metode participatory design merupakan melibatkan partisipasi pengguna dalam proses perancangan gim.
Dalam penelitian Gim Edukasi Untuk Pengenalan Ilmuwan-ilmuwan Muslim dilakukan pengujian yang menggunakan kuesioner dan perhitungan skala likert. Hasil dari implementasi gim yang dilakukan, Gim Edukasi Untuk Pengenalan Ilmuwan-ilmuwan Muslim mendapat klasifikasi layak dalam berbagai aspek, sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa gim ini dapat dijadikan sebuah media alternatif pembelajaran yang menarik dan memotivasi siswa dalam mengenal ilmuwan muslim. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Participatory Design | en_US |
dc.subject | Ilmuwan Muslim | en_US |
dc.subject | media alternatif. | en_US |
dc.title | GIM EDUKASI UNTUK PENGENALAN ILMUWAN-ILMUWAN MUSLIM | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |