Show simple item record

dc.contributor.advisorGalang Prihadi Mahardhika, S.Kom., M.Kom.
dc.contributor.advisorArrie Kurniawardhani, S.Si., M.Kom.
dc.contributor.authorRiska Anisah, 14523166
dc.date.accessioned2019-03-18T04:21:10Z
dc.date.available2019-03-18T04:21:10Z
dc.date.issued2019-02-13
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14153
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan selalu menjadi perhatian bagi ilmuwan-ilmuwan muslim. Oleh karena itu, pembelajaran mengenai ilmuwan-ilmuwan muncul pada kurikulum mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Hal ini bertujuan agar generasi-generasi muslim saat ini dapat lebih menghargai ilmu pengetahuan dan termotivasi untuk giat menuntut ilmu. Tetapi dalam penyampaian pembelajaran mengenai ilmuwan muslim tersebut dirasa kurang efektif dan menimbulkan rasa jenuh. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dimanfaatkan sebuah media alternatif pembelajaran yaitu gim. Pada penelitian ini, penulis membangun sebuah Gim Edukasi Untuk Pengenalan Ilmuwan-ilmuwan Muslim. Gim ini dibangun melalui proses pengumpulan data, analisis kebutuhan dan perancangan sistem yang menggunakan metode participatory design. Metode participatory design merupakan melibatkan partisipasi pengguna dalam proses perancangan gim. Dalam penelitian Gim Edukasi Untuk Pengenalan Ilmuwan-ilmuwan Muslim dilakukan pengujian yang menggunakan kuesioner dan perhitungan skala likert. Hasil dari implementasi gim yang dilakukan, Gim Edukasi Untuk Pengenalan Ilmuwan-ilmuwan Muslim mendapat klasifikasi layak dalam berbagai aspek, sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa gim ini dapat dijadikan sebuah media alternatif pembelajaran yang menarik dan memotivasi siswa dalam mengenal ilmuwan muslim.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectParticipatory Designen_US
dc.subjectIlmuwan Muslimen_US
dc.subjectmedia alternatif.en_US
dc.titleGIM EDUKASI UNTUK PENGENALAN ILMUWAN-ILMUWAN MUSLIMen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record