Show simple item record

dc.contributor.advisorWinda Nur Cahyo, S.T., M.T., Ph.D.
dc.contributor.authorNana Jusolihun, 14 522 433
dc.date.accessioned2019-03-18T03:52:33Z
dc.date.available2019-03-18T03:52:33Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14144
dc.description.abstractPT. Primissima adalah salah satu perusahaan menufaktur yang memproduksi tekstil khususnya produksi kain berupa kain mori dan kain grey. Perusahaan menggunakan mesin-mesin untuk menghasilkan produk kain, pada sistem proses produksinya mesin-mesin sering mengalami kerusakan atau kegagalan akibat rendahnya kehandalan mesin sehingga akan mengakibatkan terjadinya downtime akan terhambatnya proses produksi serta dapat menurunkan keuntungan perusahaan. Dalam mengurangi kerusakan mesin dan downtime tersebut sehingga kehandalan mesin meningkat diperlukan suatu kegiatan perawatan untuk menjaga kondisi mesin tetap beropersi. Ralibility Centered Maintenace merupakan metode analisis perawatan yang digunakan dalam memperbaiki sistem perawatan berfokus untuk meningkatkan kehandalan mesin. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengolahan dat Time Between Failure (TBF) pada setiap komponen mesin berdasarkan jenis distribusi probabilitasnya selanjtunya melakukan perhitungan kehandalan setiap komponen sebelum dan sesudah dilakukan perawatan pencegahan (preventive maintenance) dengan interval waktu tertentu. Berdasarkan hasil pengolahan diperoleh kegiatan perawatan yang dapat meningkatkan kehandalan ketiak dilakukan preventive maintenance pada VPM dengan interval 120 jam, belt take up dengan interval 144 jam, insertion dengan interval 72 jam, kamran dengan interval 24 jam, oli sirkulasi dengan interval 144 jam, dan leno dengan interval 96 jam serta mampu menurunkan jumlah downtime sebesar 30%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAir Jet Loomen_US
dc.subjectMaintenanceen_US
dc.subjectPreventive Maintenanceen_US
dc.subjectReliability Centerd Maintenanceen_US
dc.subjectReliability.en_US
dc.titlePerancangan Sistem Perawatan Mesin Air Jet Loom (AJL) dengan Menggunakan Reliability Centered Maintenance (RCM) (Studi Kasus: PT. Primissima Yogyakarta)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record