dc.description.abstract | Naavagreen merupakan klinik kecantikan yang menggunakan bahan-bahan
botanical alami pada setiap produknya.Banyak dan menjamurnya perusahaan yang
bergerak di industri kecantikan seperti NaavaGreen, bersaing secara kompetitif untuk
mendapatkan pangsa pasar yang besar. Namun dengan banyaknya pesaing yang
bermunculan, menyebabakan terjadinyapenurunan jumlah pelanggan yang datang ke
klinik kecantikanNaavaGreen khususnya cabang Kotabaru.Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan ketidakpuasan pelanggan di
klinik kecantikan NaavaGreenberdasarkan metode IPA dan Potential Gain in Customer
Value (PGCV). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis
data menggunakan metode IPA dan PGCV.Dimensi kualitas pelayanan dalam
penelitian ini meliputi tangibles (bukti langsung), reliability (kehandalan),
responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan ketidakpuasan
pelanggan di klinik kecantikan NaavaGreenberdasarkan metode IPA terdapat pada
kuadran I yaitu atribut ke-3 pada dimensi tangibleyaitukaryawan Beauty NaavaGreen
berpenampilan rapimemiliki nilai tingkat kesesuaian 77,19%. Atribut ke-6 pada dimensi
assuranceyaituadanya fasilitas konsultasi gratis dengan doktermemiliki nilai tingkat
kesesuaian 76,67%. Atribut ke-7 pada dimensi assuranceyaitupelayanan pelanggan
sesuai nomor antrianmemiliki nilai tingkat kesesuaian 75,14%. Atribut ke-8 pada
dimensi reliabilityyaitupelayanan cepat dan tepat memiliki nilai tingkat kesesuaian
68,21%.Faktor-faktor yang menyebabkan ketidakpuasan pelanggan di klinik kecantikan
NaavaGreenberdasarkan Potential Gain in Customer Value (PGCV) yaitu: atribut 8
pada dimensi reliabilityyang harus diperbaiki adalah pelayanan cepat dan tepat
memiliki nilai indeks PGCV sebesar 5,48. Atribut 9 pada dimensi reliability yang harus
diperbaiki adalah terdapat rekam medik konsumen di NaavaGreen memiliki dengan
indeks PGCV sebesar 5,10. Atribut 10 pada dimensi reliability yang harus diperbaiki
adalah Beauty NaavaGreen melakukan tindakan sesuai rekomendasi dokter dengan
indeks PGCV sebesar 5,08.Atribut 6 pada dimensi assuranceyang harus diperbaiki
adalah adanya fasilitas konsultasi gratis dengan dokter dengan indeks PGCV sebesar
4,85.Atas dasar ditemukannya permasalahan berdasarkan metode IPA terdapat pada
kuadran I dan Potential Gain in Customer Value (PGCV) di atas agar diselesaikan
secepatnya. | en_US |