Show simple item record

dc.contributor.advisorRahadian Kurniawan, S.kom., M.kom.
dc.contributor.authorSulayakin, 13523182
dc.date.accessioned2019-03-15T06:25:03Z
dc.date.available2019-03-15T06:25:03Z
dc.date.issued2019-01-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14096
dc.description.abstractAutisme merupakan kelainan pada perkembangan sistem syaraf yang mempengaruhi kemampuan anak dalam berkomunikasi, interaksi sosial dan juga perilaku. Kelainan ini dapat dideteksi sejak usia dini dan dapat ditangani dengan beberapa terapi salah satunya dengan game. Game ini dimaksudkan untuk memberi pelatihan bagi anak berkebutuhan khusus (autis) pada interaksi sosial dikehidupan sehari-hari. Teknik analisis game edukasi interaksi sosial berbasis multiplayer untuk meningkatkan interaksi anak autis dikembangkan menggunakan MDA(Mekanika, Dinamika, Aestetik). Game ini mencakup interaksi mata, menanggapi bicara, inisiasi, kemampuan bicara, mengendalikan emosi, mengikuti kegiatan tertentu. Pengujian dilakukan dengan uji blackbox, uji fungsionalitas game dalam beberapa platform, uji konten permainan dan uji implementasi. Pada uji black box dapat dilihat seluruh fungsi dapat digunakan dengan baik, pada uji fungsionalitas tidak ada masalah yang terjadi. Sedangkan uji konten dinyatakan sudah baik oleh pakar dan guru anak berkebutuhan khusus. Dari hasil evaluasi penggunaan game dalam satu minggu, anak berkebutuhan khusus menunjukkan peningkatan dalam interaksi sosial khususnya dalam menanggapi lawan bicara, inisiasi dan mengikuti kegiatan tertentu.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectautismeen_US
dc.subjectgangguanen_US
dc.subjectterapien_US
dc.subjectInteraksi Sosialen_US
dc.subjectGameen_US
dc.titleGAME EDUKASI INTERAKSI SOSIAL BERBASIS MULTIPLAYER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI ANAK AUTISen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record