Fasilitas Pendidikan Pra-Sekolah di Sleman Pemberdayaan Panca Indra Anak dalam Proses Belajar
Abstract
Kekuatan otak sebagai sumber pola pikir seorang manusia
sesungguhnya sangat ditentukan oleh seberapa besar otak tersebut
dikembangkan secara maksimal sedari ia masih kanak-kanak. Dan pola pikir
itu sendiri terbentuk dan bisa bekerja dengan tanggap apabila seorang anak
memiliki panca indra yang masing-masing dapat bekerja dengan baik.
Namun kalau kita melihat secara umum materi pelajaran dan kurikulum
pada Sekolah Dasar (SD), maka terlihat bahwa peran sekolah dalam
memberdayakan kemampuan otak dan panca indra anak seringkali
dilewatkan begitu saja dan lebih banyak diisi oleh pelajaran-pelajaran yang
terkesan diktator dan pemaksaan seperti umumnya. Sehingga akibatnya
anak cenderung memiliki kepekaan fungsional panca indra yang lemah dan
kemudian berdampak pada matinya kreatifitas otak. Untuk itulah sebenarnya
sangat dibutuhkan suatu lembaga pendidikan yang mampu mengatasi
masalah tersebut. Lembaga tersebut adalah lembaga pendidikan pra sekolah
yang biasanya disebut sebagai Taman bermain yang terdiri dari PlayGroup
dan Taman Kanak-Kanak yang kemudian dijadikan dasar pemikiran sebagai
judul Tugas Akhir saya.
Permasalahan yang dihadapi kemudian adalah bagaimana sebenarnya
lembaga tersebut dapat meningkatkan kemampuan otak dan panca indra
para murid-muridnya. Karena tentu saja setiap jenis pancaindra memiliki
kemampuan tanggapan terhadap masing-masing hal yang berbeda sesuai
fungsinya. Langkah yang diambil untuk menyelesaikannya adalah dengan
mempelajari tiap spesifikasi panca indra tersebut beserta hal-hal apa saja
yang mampu mempengaruhi peningkatan kemampuan panca indra tesebut.
Setelah didapat, maka kemudian barulah hal-hal yang berpengaruh tersebut
dituangkan kedalam elemen-elemen arsitektural maupun non-arsitektural
kedalam bangunan sebagai wadah bersekolah dan bermain para murid-muridnya.
Diharapkan pada akhirnya tiap-tiap anak memiliki kepekaan panca
indra yang mampu meningkatkan kemampuan pola-pikirnya sehingga
dikemudian hari dia dapat menyesesuaikan segala perubahan
dilingkungannya dengan cara yang positif.
Collections
- Architecture [3658]