• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Civil Engineering and Planning
    • Civil Engineering
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Civil Engineering and Planning
    • Civil Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Stabilisasi Tanah Lempung Subgrade Menggunakan Asbuton dan Semen

    Thumbnail
    View/Open
    01.0 cover.pdf (89.15Kb)
    02 preliminary.pdf (148.6Kb)
    03 daftar isi.pdf (184.1Kb)
    04 abstract.pdf (79.38Kb)
    05.1 bab 1.pdf (175.8Kb)
    05.2 bab 2.pdf (243.4Kb)
    05.3 bab 3.pdf (494.6Kb)
    05.4 bab 4.pdf (514.3Kb)
    05.5 bab 5.pdf (233.9Kb)
    05.6 bab 6.pdf (85.06Kb)
    06 daftar pustaka.pdf (117.3Kb)
    Date
    2007
    Author
    Nurhayati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Konstruksi jalan terdiri dari tanah dasar (subgrade) dan perkerasan jalan. Kekuatan dan keawetan suatu konstruksi bergantung pada sifat-sifat dan daya dukung tanah dasar. Keawetan dan kekuatan struktur lapis permukaan sangat dipengaruhi oleh perubahan kembang susut yang terjadi pada tanah dasar. Dari berbagai jenis tanah dan sifat-sifat yang berbeda antar satu daerah dengan daerah yang lain maka dalam perencanaan suatu jalan, sebelum digunakan sebagai subgrade maka perlu distabilisasi. Tanah yang distabilisasi berasal Kasongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dari Asbuton dan PC yang tepat untuk stabilisasi tanah dasar (subgrade) sehingga diperoleh stabilitas yang tinggi yang ditunjukkan oleh hasil pengujian proktor dan CBR. Metode yang dilakukan yaitu dengan mencampur tanah + asbuton dan tanah + pc masing-masing dengan variasi 0%, 2%, 4%, dan 6%. Dari hasil penelitian dengan persentase campuran asbuton 6% diperoleh nilai MDD dan CBR yang terbesar yaitu 1.59564 gr/cm3 dan 15.234%. Sedangkan pada campuran semen 6% diperoleh nilai MDD dan CBR yang terbesar pula yaitu 1.59676 gr/cm3 dan 16.445%. Pada MDD dan CBR Asbuton terjadi peningkatan sebesar 7.12% dan 32.251%. Sedangkan Pada PC sebesar 7.19% dan 42.764%.
    URI
    http://hdl.handle.net/123456789/1378
    Collections
    • Civil Engineering [3823]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV