Fashion Center (Pusat Informasi Mode) di Yogyakarta
Abstract
Mode adalah sesuatu yang dinamis, cepat berubah, dan desainer
adalah seorang yang menawarkan alternatif baru dalam berbusana kepada
masyarakat pemakai. Inovasi-inovasi baru yang muncul dari tangan desainer
akan dilihat oleh pengamat maupun masyarakat pemakai, tetapi yang
menjadi penentu selanjutnya adalah masyarakat itu sendiri. Dengan
demikian mempelajari mode berarti mempelajari kebiasaan, gaya hidup dan
budaya masyarakat.
Ini berarti pula bahwa antara desainer dan masyarakat harus
mempunyai titik temu, dimana pada titik tersebut insan-insan mode dapat
bertemu, berinteraksi dan menyatukan aspirasi. Diharapkan hubungan yang
saling menguntungkan dapat terjadi, dimana terjadi proses take and give
antara calon desainer, pengusaha dan masyarakat.
Pusat informasi mode (Fashion Center) adalah titik temu dimana siswa
(calon desainer) dan masyarakat saling belajar. Pusat informasi mode
merupakan penggabungan kegiatan siswa yang belajar secara formal melalui
pendidikan (sekolah mode) dan kegiatan masyarakat yang belajar secara non
formal melalui kegiatan komersial (promosi dan informasi). Diharapkan
wadah ini dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari perilaku mode
masyarakat dan sebaliknya, masyarakat dapat memperoleh informasi mode
melalui peragaan, seminar, ceramah, konsultasi mode maupun galeri karya
siswa sekolah mode.
Kegiatan pendidikan dan komersial yang ditampung dalam pusat
informasi mode tersebut mempunyai karakter yang berbeda, oleh karena itu
diperlukan tolok ukur tolok ukur yang dapat digunakan untuk menyatukan
kedua kegiatan fashion tersebut. Tolok ukur tersebut diharapkan dapat
menyatukan kedua kegiatan tersebut secara fungsional maupun secara
spasial.
Collections
- Architecture [3648]