ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA KWH-METER PRABAYAR PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA UPJ KOTA MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai bagaimana kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna kwh-meter prabayar PLN UPJ Kota Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan pengguna kwh-meter prabayar PLN UPJ Kota Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner dengan jumlah kuesioner 100 responden yang merupakan pelanggan pengguna kwh-meter prabayar PLN UPJ Kota Magelang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), dan Empathy (X5) sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan (Y). Alat uji analisis yang digunakan adalah SPSS 21 metode analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Collections
- Management [4524]