Pengaruh Alkyl Imidazoline sebagai Additive terhadap Karakteristik Marshall , Kohesi dan Kuat Tarik pada Hot Rolled Asphalt
Abstract
Di Indonesia yang beriklim tropis, dalam pembangunan dan peningkatan Jalan
Raya masih banyak menggunakan aspal sebagai bahan pengikat. Namun sering
kali dijumpai kelemahan berupa kerusakan dini pada permukaan jalan setelah
beberapa waktu dilalui lalu lintas. Meskipun memenuhi persyaratan spesifikasi
memperlihatkan perilaku tingkat pelayanan yang cenderung menurun dengan
terjadinya pelepasan butiran (fretting), retak, raveling dan bentuk kerusakan
lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan Alkyl Imidazoline
sebagai additive pada campuran Hot Rolled Asphalt (HRA) dengan variasi
penambahan bahan tambah 0,1% sampai 0,5% dengan interval 01% Aspal yang
dipergunakan adalah AC60/70 dengan kadar aspal 6% sampai 8% dengan
interval 0,5%. Hasil pengujian didapat Kadar Aspal Optimum (KAO) 7,11%
dengan mengacu pada persyaratan spesifikasi Marshall jalan Pantura Bina
Marga 2004.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan Alkyl Imidazoline
memperbesar nilai Density, flow, Stabililas, VFWA, Indeks Perendaman.
Penambahan Alkyl Imidazoline juga menurunkan nilai VITM, VMA, Marshall
Qoutient, Tensile Strength dan Kohesi. Secara keseluruhan campuran yang
ditambah Alkyl Imidazoline memenuhi persyaratan spesifikasi jalan Pantura 2004
untuk pengujian Marshall. Untuk pengujian Hveem - Cohesion memenuhi
rekomendasi dari Asphalt Institute 1983. dan memenuhi rekomendasi dari T.W.
Kennedy untuk pengujian kuat tarik.
Keunggulan campuran dengan penambahan Alkyl Imidazoline mempunyai nilai
Fleksibilitas dan stabililas yang tinggi serta memiliki nilai Durabilitas yang tinggi
dibandingkan dengan campuran Hot Rolled Asphalt (HRA) tanpa penambahan
Alkyl Imidazoline.
Kelemahan campuran tersebut adalah kurang tahan menahan retak yang
diakibatkan oleh tegangan tarik bila dibandingkan dengan campuran tanpa
penambahan Alkyl Imidazoline dan sedikit kurang tahan terhadap kemampuan
aspal menahan agregat pada posisinya yang diakibatkan cleh beban pada
pengujian Hveem - Cohesion.
Collections
- Civil Engineering [4205]