Analisis Tingkat Pelayanan Lalu-Lintas pada Persimpangan Kantor Pos Besar dan Senopati Yogyakarta
Abstract
Kelancaran lalulintas di suatu persimpangan sebidang
tergantung dari kemampuan pelayanan terhadap lalulintas.
Tingkat pelayanan yang dicapai persimpangan, berhubungan
dengan lama waktu penundaan yang terjadi. Pada persimpan
gan Kantor Pos Besar dan persimpangan P. Senopati pada
Jam-Jam sibuk terjadi penundaan yang cukup lama pada saat
melewati kedua persimpangan.
Hasil analisis menunjukkan tingkat pelayajian F, baik
pada persimpangan Kantor Pos Besar maupun pada persim
pangan P. Senopati dan tidak menunjukkan koordinasi yang
baik. Untuk persimpangan Kantor Pos Besar lama penundaan
307,9675 detik per kendaraan, sedangkan pada persimpangan
P. Senopati dengan lama Waktu penundaan sebesar 376,0065
detik per kendaraan. Sehingga pemecahan masalah harus
dilakukan. Pemecahan masalah tersebut menjadikan tingkat
pelayanan di kedua persimpangan menjadi E dengan waktu
penundaan rata-rata pada persimpangan Kantor Pos Besar
54,2234 detik per kendaraan dan pada persimpangan Senopati
43,6053 detik per kendaraan. Tetapi Jika koordinasi antar
lampu lalulintas masih tetap seperti semula, dimana kendaraan
yang bergerak melewati phase hijau pada persimpangan
pertama dengan kecepatan 40 km/Jam, belum tentu bisa
melewati persimpangan berikutnya tanpa terhenti oleh lampu
merah. Tetapi setelah kecepatan diturunkan menjadi 18
km/Jam maka, memungkinkan kendaraan yang bergerak lurus
dari persimpangan Kantor Pos Besar maupun Persimpangan
Senopati tidak terhenti oleh lampu merah. Pemecahan masa
lah yang menjadikan tingkat pelayanan dari F ke E, dapat
memberikan prasaran yang menunjang kelancaran arus lalu
lintas di kedua persimpangan dan diharapkan untuk mengimbangi
pertumbuhan lalu lintas selama kurang lebih 1 tahun.
Collections
- Civil Engineering [4192]