Pengembangan Aplikasi Puzzle Game Halma Menggunakan J2SE
Abstract
Dalam bidang komputer grafik, banyak bidang yang bisa dikembangkan,
salah satunya adalah pembuatan aplikasi game. Game mempunyai banyak jenis
atau genre, salah satunya adalah puzzle games. Game berjenis puzzle adalah game
yang kebanyakan berbentuk mini game atau game ringan, tidak memiliki alur
cerita yang berat, dan diperlukan sedikit berpikir dalam menyelesaikan
permasalahan atau tantangan di dalam game tersebut.
Halma adalah salah satu game berjenis puzzle. Halma (yang dalam bahasa
Yunani berarti lompat) adalah permainan yang ditemukan tahun 1883 oleh
seorang dokter bedah asal Inggris, George Howard Monks. Permainan ini
dimainkan oleh tiga orang pemain di atas sebuah papan permainan berbentuk
bintang. Tujuan memenangkan permainan halma adalah menyeberangkan bidak-bidak
halma milik pemain ke tempat yang ada di seberang. Setiap pemain berjalan
bergiliran dimana pemain tersebut hanya bisa menggerakkan satu bidak halmanya
pergiliran. Pemenang permainan halma adalah pemain yang paling cepat
memindahkan semua bidak halmanya ke tempat tujuan di seberang.
Pembuatan aplikasi game halma ini menggunakan teknologi J2SE. Pada
aplikasi ini permainan dapat dimainkan oleh tiga pemain, yaitu kombinasi antara
pemain manusia dan komputer atau seluruhnya pemain manusia atau komputer.
Bidak halma yang tidak dimainkan oleh pemain manusia akan dimainkan oleh
komputer dimana komputer akan mencari rute optimum bidaknya menggunakan
kecerdasan buatan metode Generate and Test. Jika salah satu pemain telah
menyelesaikan permainannya maka pemain tersebut menjadi pemenang pertama
dan dua pemain yang tersisa melanjutkan permainan sampai didapat pemenang
kedua.
Collections
- Informatics Engineering [2148]